Loading...

Wajib Tau!! Ternyata Daun Sirih Tidak Hanya Untuk Menginang Saja lho, Ini Dia Manfaat Ajaib Daun Sirih Untuk Kesehatan Anda yang Belum Banyak Orang Ketahui!!

Loading...
Daun sirih identik dengan tradisi bersirih atau menginang. Mungkin ada kakek atau nenek Kawan Muda yang melakukan kebiasaan ini. Namun tahukah kamu, selain untuk menginang, daun sirih ternyata menyimpan banyak manfaat menakjubkan untuk kesehatan.


Hemm, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Biar enggak makin penasaran, yuk langsung saja disimak pemaparannya berikut ini.

1. Menurut penelitian, daun sirih bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Kamu hanya perlu mengkonsumsi secara rutin air rebusan daun sirih setiap hari.

2. Percaya atau enggak, daun sirih bisa mengurangi risiko penyakit jantung, lho. Ya, daun sirih mengandung senyawa kardiotonik yang bisa mengontrol denyut jantung.

3. Lukamu mengalami pendarahan dan peradangan? Sembuhkan saja dengan tumbukan daun sirih, dijamin deh lukamu akan membaik, kenapa? Karena daun sirih mengandung zat aktif yang bisa menghentikan pendarahan dan peradangan.

4. Paling sedih tuh kalau lagi batuk berdahak, apalagi kalau dahaknya membandel. Eits tenang, Kawan Muda bisa mengeluarkan dahak membandel dengan menghirup uap rebusan daun sirih.

5. Ternyata oh ternyata, daun sirih bisa menyembuhkan penyakit maag, lho. Senyawa aktif dalam ekstrak daun sirih mampu melindungi lapisan lambung sehingga mencegah luka akibat asam lambung. Minumlah air rebusan daun sirih dua kali sehari biar maag-mu enggak kumat.

6. Panu, kadas, dan infeksi jamur lainnya bisa kamu atasi dengan mengoleskan tumbukan daun sirih di tempat yang terinfeksi. Kandungan minyak eugenol dalam daun sirih bisa menangkal infeksi jamur tersebut.

7. Rutin minum air rebusan daun sirih bisa mencegah tumbuhnya sel kanker, lho. Ya, sirih mengandung asam askorbat yang merupakan antioksidan yang bisa melawan kanker.8. Tak hanya kesehatan jantung, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih bisa melindungi hati dari zat kimia tertentu dan infeksi. Benar-benar mantap ya khasiat tumbuhan yang satu ini.9. Masalah-masalah pada mata seperti mata merah atau gatal bisa kamu atasi dengan merendam mata dalam air rebusan sirih. Tapi jangan sering-sering, lakukan saat matamu bermasalah saja karena bisa bikin mata kering.


Nah itulah manfaat daun sirih yang luar biasa bagi kesehatan. Wah, harus mulai  rajin beli daun sirih, nih. Buat yang punya pekarangan luas, kamu bisa menanamnya sendiri di rumah. Lumayan kan, investasi daun sirih untuk tubuh yang sehat di masa depan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com
Loading...
Back To Top