Loading...

INILAH 8 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kehidupan Sehari-hari !! Mulai Sekarang, Jangan Sia-siakan Ampas Kopimu Lagi Ya!!

Loading...
Ampas kopi?! Hemm…sebagian orang mungkin berpikir hal ini tidak ada manfaatnya sama sekali. Namanya juga ampas, ya pasti berakhir di tong sampah. Namun siapa sangka, ampas kopi ternyata memiliki banyak manfaat, lho, untuk kehidupan sehari hari.


Mulai dari memudahkan pekerjaan rumah tangga, dijadikan pupuk kompos hingga khasiatnya untuk kecantikan! Pssst… Percaya enggak ampas kopi bisa menghilangkan selulit di tubuh?! Eh, ini serius lho, Kawan Muda.

Hemm…daripada Kawan Muda makin penasaran, yuk langsung disimak saja 8 manfaat menakjubkan dari ampas kopi berikut ini.

1. Membuat kulit wajah tampak bersinar serta menghaluskan kulit.
Ternyata, kandungan antioksidan dalam kopi mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Sehingga membuat kulit wajahmu tampak cerah dan bersih. Selain itu, ampas kopi bisa berfungsi sebagi scrub wajah yang bisa membuat kulit wajahmu halus dan lembut.
Cara pakainya mudah, kok, cukup campur ampas kopi dengan madu atau minyak zaitun lalu usapkan merata pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar.

2. Mengusir serangga dan serangan hama.
Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga dan serangan hama secara alami, lho. Aroma kopi yang bisa bikin manusia melek itu ternyata enggak disukai serangga dan hama. Jadi, kalau ada sekumpulan serangga tiba-tiba mengganggu di rumah, kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk mengusirnya. Nah, buat kamu yang berkebun dan keki dengan serangan hama, usir saja pakai ampas kopi.

3. Membuat perabotan kayu lebih mengkilap dan tampak baru.
Perabotan kayu tampak kusam dan terdapat goresan-goresan? Eits tenang, kamu enggak perlu khawatir. Karena dengan ampas kopi yang murah meriah, perabotan kayumu bisa tampak kinclong dan baru kembali. Nah, kamu hanya perlu mengusapkan ampas kopi di bagian yang kusam dan terdapat goresan. Gampang banget, kan?!??

4. Membersihkan noda pada piring dan panci yang membandel.
Teksturnya yang kasar membuat ampas kopi bisa digunakan sebagai pembersih noda pada piring dan kerak pada bagian bawah panci. Tapi hati-hati ya saat menggunakannya pada panci atau wajan, karena tekstur ampas kopi yang kasar bisa menggores panci atau teflonmu.

5. Ampas kopi menghilangkan bau tidak sedap.
Wastafelmu bau? Taruh saja ampas kopi di dalam toples atau gelas dan letakkan di dekat sumber bau. Voila, bau tidak sedap di wastafel akan lenyap seketika. Oh ya, selain menghilangkan bau di wastafel, kamu juga bisa mengaplikasikannya di kamar mandi, kulkas, atau bahkan lemari! Cukup sediakan sepotong kain dan isi kopi di dalamnya. Tinggal digantung, deh, di lemari atau kamar mandi.

6. Bisa dijadikan pupuk kompos.
Ternyata oh ternyata, ampas kopi memiliki kandungan nitrogen, kalium, magnesium, tembaga, dan fosfor yang bagus untuk jenis tanah tertentu. Selain itu, ampas kopi meningkatkan kadar air dan aerasi di dalam tanah. Nah saat menggunakannya, pastikan untuk membilas ampas kopi terlebih dahulu ya agar mengurangi keasamannya.

7. Menghilangkan bau bawang dan bau amis di tangan.
Bau bawang dan amis di tangan kadang menyengat dan susah hilang meski sudah dicuci dengan banyak sabun. Jika Kawan Muda mengalami hal ini, cuci tangan saja pakai ampas kopi. Tinggal gosok-gosokan tangan menggunakan ampas kopi. Kemudian cuci menggunakan sabun dan bilas hingga bersih.

8. Membuat rambut berkilau.
Agar rambut makin bersinar dan lembut, gosokkan ampas kopi pada rambut secara teratur. Kemudian bilas hingga bersih. Kalau kamu melakukannya dengan rutin, dijamin deh rambutmu bakal tampak lebih berkilau. Apalagi kamu yang punya rambut hitam, beuh bisa hitam berkilau kayak ikan sampo!

Nah, itu tadi 8 manfaat ampas kopi untuk kehidupan sehari-hari. Mulai sekarang, jangan sia-siakan ampas kopimu lagi, ya!
Loading...
Tag : Informasi, Tips
Back To Top