Loading...

Inilah Tips yang Bisa Kamu lakukan Untuk Membasmi Kutu Pada Beras!! Begini Caranya!!

Loading...
Menemukan kutu ketika mencuci beras bukanlah kejutan yang menyenangkan. Selain tidak sedap dipandang, kutu beras juga memakan isi beras sehingga beras mengapung ketika dicuci karena kopong. Kutu beras juga menyebabkan beras kehilangan nutrisi penting dan menyebabkan rasanya berubah menjadi lebih tawar. Tidak perlu panik, ternyata cara menghilangkan kutu pada beras sangat mudah dan hanya perlu menggunakan bahan dapur. Tentu hal yang terbaik adalah mencegah kutu beras sejak awal, untuk itupun triknya sangat mudah.


Cara membasmi kutu beras
Jika kutu sudah telanjur ditemukan di beras, tentu langkah terpenting adalah membasminya agar beras tetap bisa dikonsumsi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu beras:

1. Penyimpanan
Simpanlah beras di tempat yang kering dan jauh dari cipratan air maupun udara yang lembap. Suhu di bawah 17 derajat celcius membuat kutu tidak nyaman hidup dan tidak bisa berkembang biak.

2. Dicampur Daun Jeruk
Setiap 10 kg beras yang disimpan, sebaiknya dicampurkan dengan 50 gram daun jeruk yang sudah ditumbuk dan dikemas dalam kain kasa agar tidak mengotori beras. Selain bebas kutu, cara ini juga dapat memberikan keharuman segar pada beras.

3. Bawang Putih
Bawang putih memiliki aroma khas yang tidak disukai kutu maupun mikro organisme lainnya. Hal ini bermanfaat bagi cara penyimpanan beras untuk menghalau kutu dari baunya yang menyengat. Kupaslah bawang putih dan letakkan pada permukaan beras maupun ujung-ujung ruangan tempat beras disimpan.

4. Cabai
Aroma pedas dan panasnya ternyata mampu mengusir kutu yang membandel. Pilihlah yang sudah kering dan simpan di tempat menyimpan beras. Pastikan cabai tidak ikut termasak jika tidak ingin menambah rasa pedas yang tidak perlu.

5. Sinar Matahari
Salah satu mencegah kutu berkembang biak adalah dengan memaparkan beras ke sinar matahari. Hal ini baik untuk mencegah kelembapan ekstra yang membuat kutu nyaman berkembang biak.


Nah, gimana nih sekarang, sudah semakin tahu bagaimana cara menyimpan beras agar tak berkutu bukan? Kalau kamu punya tips lain agar beras tak berkutu meski di simpan dalam waktu yang lama, jangan lupa share di kolom komentar ya. Semoga, informasi ini bermanfaat.

Loading...
Tag : Informasi, Tips
Back To Top