Loading...

INILAH Ramuan Alami yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Gatal Karena Biduran!! Begini Cara Meraciknya!!

Loading...
Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda, dari beberapa millimeter hingga sebesar tangan. Salah satu penyebab umum biduran adalah alergi.


Selain terasa gatal, ruam pada kasus biduran juga bisa terasa perih atau menyengat. Ruam ini dapat muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, teggorokan, dan telinga. Gejala biduran bisa berlangsung selama beberapa jam atau hari.

Biduran sendiri merupakan kondisi yang umum dialami oleh semua orang pada segala usia. Namun, biduran  lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki riwayat alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.

Biduran dapat terjadi dengan berbagai macam pemicu, dan faktor-faktor penyebab biduran yang patut untuk diketahui antara lain adalah:
  • Stres
  • Gigitan serangga.
  • Infeksi, contohnya adalah demam kelenjar dan hepatitis.
  • Terjadi kontak dengan alergen, seperti bulu binatang maupun lateks.
  • Bahan tambahan pada makanan atau zat aditif, termasuk pengental, penguat rasa, pengawet, pemanis dan pewarna makanan.
  • Obat-obatan, seperti ibuprofen, aspirin, antibiotik, serta obat penurun darah tinggi.
  • Makanan yang memang menyebabkan biduran, contohnya susu, gandum, makanan laut, cokelat, kacang dan gandum.
  • Faktor lingkungan, contohnya cuaca dingin maupun panas.
  • Bahan pakaian yang dikenakan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilihat dan dipraktikkan ketika biduran menyerang. Cara-cara di bawah ini terbilang aman karena dari bahan-bahan yang alami dan dekat di sekitar kita.

1. Daun Sirih

Bahan alami satu ini terbilang ampuh dalam mengobati biduran dan caranya pun tergolong mudah untuk dilakukan. Hanya dengan mengumpulkan daun sirih sebanyak 20 lembar, rebuslah semuanya yang kemudian tunggu sampai mendidih. Setelah matang, saringlah sebelum ramuan tersebut bisa diminum untuk menyembuhkan biduan dari dalam. Daun sirih adalah bahan alami efektif yang juga pada umumnya diandalkan sebagai cara menghilangkan bau badan secara natural.

2. Air Kelapa Hijau

Untuk menghilangkan racun di tubuh kita, air kelapa hijau benar-benar baik dan sudah terbukti sangat efektif. Tapi ada kegunaan lain dari air kelapa hijau yang tak boleh dilupakan, yaitu mengatasi biduran yang disebabkan oleh alergi makanan. Pernah mengalaminya dan begitu mengganggu? Jika sampai terkena biduran lagi, jangan ragu untuk memilih air kelapa hijau segar untuk dikonsumsi berturut-turut selama 3 hari agar proses kesembuhan lebih cepat. Air kelapa hijau cukup mudah didapat sehingga tak perlu bingung.

3. Leunca

Leunca merupakan sebuah tanaman yang banyak manfaat baiknya bagi kesehatan, termasuk diketahui pula sangat baik dalam membantu menyembuhkan biduran. Hanya dengan mendapatkan tanaman yang telah terpisahkan dari akarnya, kita kemudian dapat menumbuknya untuk mulai meramu obat biduran. Balurkan ramuan ke kulit sampai warnanya menjadi hijau dan pengobatan ini dapat dilaksanakan sehari 3 kali sampai biduran membaik dan memudar. Pengobatan rutin tentu akan membawa hasil yang jauh lebih baik.

4. Cuka Beras Hitam dan Jahe

Cuka beras hitam yang diramu bersama dengan jahe akan mampu mengatasi biduran, yaitu dengan menyiapkan cuka beras hitam sebanyak 100cc, lalu ditambah dengan jahe 30 gram. Pastikan juga kita menyiapkan gula merah secukupnya. Jahe bisa ditumbuk lebih dulu sampai benar-benar halus dan selanjutnya dapat direbus dengan bahan lainnya. Ketika sudah matang atau mendidih, tunggu sampai dingin, baru ramuan alami ini bisa dikonsumsi sehari 2 kali setiap hari hingga biduran membaik.

5. Temulawak dan Buah Asam

Mengobati biduran juga bisa dengan buah asam yang dicampur dengan temulawak karena keduanya adalah bahan alami luar biasa dengan segudang fungsi untuk kesehatan. Maka sediakan temulawak 15 gram serta buah asam secukupnya, ditambah dengan gula aren sebagai pelengkap. Semua bahan dapat direbus secara bersamaan dengan air 2 gelas saja dan ditunggu sampai tersisa setengahnya.

6. Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Obat biduran yang pastinya juga ampuh dan layak dicoba adalah gabungan antara minyak kayu putih dengan minyak zaitun di mana cukup disediakan 1 sendok makan masing-masing bahan. Untuk tambahan, kita juga bisa ambil menthol kristal dengan takaran yang sama. Baru setelah itu semua bahan dapat diaduk sampai rata bersama-sama. Setelah jadi, bagian kulit yang terkena biduran dapat dioles dengan ramuan ini; bila dilakukan secara teratur dipastikan hasil penyembuhan bakal maksimal.

7. Daun Kelor dan Bawang Merah

Bahan-bahan ini di luar dugaan mampu mengobati biduran secara alami. Sediakan daun kelor 3 lembar ditambah dengan bawang merah 1 siung saja, serta pulosari 2 gram sebagai tambahan. Bahan-bahan ini selanjutnya perlu direbus bersama-sama dengan air 3 gelas, tunggu mendidih dan hanya tersisa 2 gelas. Saringlah lebih dulu sebelum akhirnya bisa mengonsumsinya; meminumnya sehari 2 kali akan mempercepat proses menghilangnya biduran.

8. Sambiloto dan Kunyit

Kedua bahan ini adalah yang juga dianggap terbaik dalam mengatasi masalah biduran. Dengan kunyit 20 gram ditambah dengan sambiloto 10 gram serta lain-lainnya seperti bawang merah 3 siung, adas 1 sendok makan serta daun kelor 30 gram akan semakin mantap dan efektif obat biduran ini. Semua bahan dapat ditumbuk bersama-sama sampai lembut setelah dicuci sampai bersih, baru kemudian dilanjutkan dengan merebusnya ke air sebanyak 600 cc sampai mendidih dan tinggal tersisa sepertiganya. Saringlah dulu dan tunggu hingga dingin baru bisa diminum; takaran yang dianjurkan adalah sehari 3 kali.


Pencegahan

Jauhi aspek penyebabnya alergi, termasuk sebagian makanan serta penyedap mekanan, obat-obatan serta sebagian keadaan panas atau dingin. Perlakuan pertama bila penyakit biduran ini kambuh janganlah digaruk, kompres hangat untuk menyingkirkan gatal.

semoga bermanfaat.
Loading...
Back To Top